Alamat Tamberu Agung Batu Marmar Pamekasan Madura Jawa Timur

Kamis, 03 Mei 2012

PONDOK PESANTREN AS-SYAFIIYAH

a. Sejarah Singkat Berdirinya

Pondok Pesantren As-Syafiiyah untuk pertama kalinya di dirikan oleh Almarhum KH. Moh. Syafi'uddin, sekaligus sebagai pengasuh yang pertama. Tidak ada keterangan resmi, tanggal, bulan dan tahun berapa tepatnya pondok pesantren As-syafiiyah di dirikan, karena cikal bakal dari pesantren ini adalah markas pejuang sabil pada masa penjajahan sampai perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Namun demikian, beberapa sumber menyatakan, bahwa Almarhum KH. Moh. Syafi'uddin mulai bermukim di lokasi Pondok Pesantren As-Syafiiyah yang sekarang ini, sejak tahun 1943.

Awal-awal berdirinya, tidak ada fasilitas apa-apa di Pondok Pesantren As-Syafiiyah ini, kecuali Musholla, asrama santri yang terbuat dari gedek, dan sebuah sumur sebagai sarana untuk bersuci. Pun tidak ada kegiatan apa-apa selain sorogan dan bandongan Al-Qur'an serta kitab-kitab kuning yang semuanya di asuh langsung oleh Almarhum KH. Moh. Syafi'uddin.

b. Madrasah Diniyah As-Syafiiyah

Sejak awal, Almarhum KH. Moh. Syafi'uddin kurang menyukai sistem pendidikan klasikal, sehingga Pondok Pesantren As-Syafiiyah tergolong lambat membuka Madrasah, karena baru sekitar tahun 1982 restu untuk membuka Madrasah di keluarkan oleh Almarhum KH. Moh. Syafi'uddin.Dan pembukaan Madrasah secara resmi di laksanakan pada tahun 1984 bertepatan dengan haul yang pertama dari meninggalnya Almarhum KH. Moh. Syafi'uddin. Dan sejak saat itulah mulai di perkenalkan nama Pondok Pesantren As-Syafiiyah, setelah sebelumnya masyarakat cuma mengenalnya dengan istilah Pondok Pesantren Timur Sungai.

c. SMP Terbuka

Di buka pertama kali pada tahun 1998, bersamaan dengan gonjang-ganjing reformasi. Ini, untuk menampung sebagian besar santri yang telah menamatkan SD/MI sebelum melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren As-Syafiiyah. Program ini berlanjut sampai sekaranhg dengan penyempurnaan-penyempurnaan, sehingga saat ini, SMP Terbuka Negeri Batumarmar, yang di laksanakan di Pondok Pesantren As-Syafiiyah, telah berstatus Plus, sehingga sudah bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya setiap hari, sama halnya dengan SMP reguler.

d. TKA/TPA As-Syafi'ie

Lembaga ini tergolong lambat di bentuk, karena baru ada setelah Madrasah Diniyahm juga SMP Terbuka berjalan selama beberapa tahun. Ini di sebabakan karena, semakin minimnya tenaga pendidik Al-Qur'an yang telaten dan sabar dengan sistem eja mengeja, sebagaimana di masa-masa lampau. 

Akhirnya, dengan rujukan  utama PP. Darul Ulum Banyuanyar dan PP. Mamba'ul Ulum Bata-Bata,  pada tahun 2002, PP. As-Syafiiyah membuka TKA/TPA As-Syafi'ie dengan metode Qiro'atiy yang kemudian berganti ke metode At-Tanzil.
e. MA As-Syafi'ie
Di buka pada tahun 2004, sebagai efek domino dari adanya SMP Terbuka dan Alhamdulillah sejak tahun 2011, telah terakreditasi B
f. Ciri Khas PP. As-Syafiiyah
  • Pemisahan kelas antara siswa dan siswi di semua kegiatan dan lembaga
  •  Kewajiban sekolah dua kali yaitu pagi untuk ammiyah dan sore untuk diniyah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar